Home / Kesehatan / Manfaat Daun Muris: Obat Bisul Alami
daun muris

Manfaat Daun Muris: Obat Bisul Alami

Apa itu bisul ? Bisul, salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri ini merupakan penyakit yang membuat penderitanya jengkel. Bentuknya yang besar membuatnya terlihat menonjol keluar seakan – akan ada sesuatu yang akan keluar dari kulit. Memang benar di dalam sebuah bisul itu ada sekumpulan darah yang menggumpal bahkan kalau dibiarkan terlalu lama akan menjadi nanah. Inilah yang membuat penderitanya merasa kurang nyaman.

Selain bentuk atau ukuranya, hal lain yang mengganggu adalah bisul juga bisa membuat penderitanya mengalami beberapa gejala bisul seperti panas, dingin hingga sakit kepala. Dalam kondisi yang sudah parah, bisul dapat membuat penderitanya mengalami suatu kondisi yang tidak tertahankan. Mereka bisa menggigil, teriak – teriak bahkan menangis karena tak kuasa menahan sakitnya bisul tersebut.

Bisul merupakan penyakit yang bisa diderita oleh siapa saja, orang tua hingga bahkan anak kecil atau bayi pun bisa mengalaminya. Gejala bisul pada bayi terkadang tidak diketahui oleh orang tuanya. Bayi yang biasanya tenang bisa sering rewel ketika bayi itu mengalami gejala bisul. Oleh karena itu orang tua sebaiknya juga perlu memahami gejala bisul serta tanda – tanda bisul pada bayi.

Bisul pada kulit biasanya dapat diketahui dari bentuknya. Secara umum bisul terlihat seperti sebuah benjolan dari dalam kulit. Jika sudah akut bisul akan terlihat sedikit lancip seperti bentuk sebuah gunung. Di sekitar bisul biasanya juga terjadi kulit yang terkelupas. Kemudian bagian yang plaing lancip dari bisul kalau dipegang terasa panas dan kulitnya berwarna merah gelap. Jika bisul dibiarkan tanpa diobati maka akan membuat bisul tersebut menjadi lebih besar dan bisa pecah. Ketika pecah, nanah bercampur darah akan keluar dari dalam bisul tersebut.

Obat bisul jika dibeli di apotek harganya sebenarnya tidak terlalu mahal. Harganya sekitar tiga puluhan ribu rupiah. Namun ada cara lain untuk mengobati bisul dengan cara alami yakni dengan menggunakan daun muris atau sirsak.

Cara mengobati bisul secara alami menggunakan daun muris ini dirasa lebih aman. Cara menggunakan juga cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun sirsak yang masih mudah kemudian ditumbuk hingga halus lalu ditempelkan pada kulit yang bisulan. Gunakan beberapa kali hingga bisul mengecil dan kering.

Semoga bermanfaat.

About Yayik Dukhan

Check Also

Wanita LDII Lamongan Beri Santunan Anak Yatim Piatu Dampak Covid-19

Lamongan (19/8/2021) – Pandemi Covid 19 menimbulkan dampak yang luar biasa dan menyasar segala bidang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *