Home / Kesehatan / RESEP RAHASIA, Cara Membuat Jamu Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Manfaatnya

RESEP RAHASIA, Cara Membuat Jamu Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Manfaatnya

RESEP RAHASIA, Cara Membuat Jamu Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Manfaatnya

 

Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan  herba  atau  herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Jamu biasanya terasa pahit sehingga perlu ditambah madu atau gula aren sebagai pemanis agar rasanya lebih dapat ditoleransi peminumnya (Wikipedia).

Saat ini diperlukan upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak gampang sakit. Salah satunya dengan mengkosumsi jamu yang berasal dari empon-empon (jawa) atau tumbuhan rimpang seperti jahe, kunyit, temulawak dan kencur. Berikut ini salah satu resep rahasia untuk membuat jamu yang bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh, dan ini bisa dibuat sendiri dirumah dengan peralatan dapur yang ada.

Bahan yang digunakan adalah:

  1. Kunir/kunyit ¼ kg
  2. Temulawak ¼ kg
  3. Jahe ¼ kg
  4. Kencur ¼ kg
  5. Gula Aren secukupnya
  6. Asam Jawa secukupnya

Adapun Caranya sangat mudah, langkah pertama Kunir/kunyit, Temulawak, Jahe, Kencur semua diparut/ diblender/ digiling kemudian direbus dengan air kira-kira 5 liter sampai mendidih sebentar dan dimatikan apinya, lalu diaduk-aduk dan disaring, jamu yang sudah disaring  dimasukkan kedalam wadah yang sudah ada gula aren dan asam jawanya.

Untuk ampasnya bisa direbus lagi dengan ditambah air dan gula aren sesuai selera, bisa diulang sampai 3 kali rebusan.

Menurut berbagai sumber, Kunyit, Temulawak, Jahe dan kencur mempunyai banyak sekali manfaatnya terutama sebagai antioksidan alami untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh. Berikut ini beberapa kandungan senyawa dalam Kunyit, Jahe, Temulawak dan kencur, beserta dengan manfaatnya:

 

KANDUNGAN TEMULAWAK & MANFAATNYA

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) tanaman obat asli Indonesiayang terbukti berkhasiat untuk kesehatan. Bahkan berdasarkan hasil survey menunjukkan bahwa dari 609 produk jamu, 176 di antaranya mengandung temulawak dan penggunaannya terdapat di dalam 12 kelompok penyakit yang dapat diobati. (Sumber:  http://balittro.litbang.pertanian.go.id/)

Temulawak mempunyai kandungan Fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap, Minyak atsiri, Kamfer, Glikosida, Foluymetik, karbinol, Kurkuminoid yang terdiri atas kurkumin dan desmetokskurkumin,  Xanthorizol dan bermanfaat untuk:

  1. meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh
  2. Menetralkan racun
  3. Menghilangkan nyeri
  4. Antibakteri
  5. Mencegah pelemakan dalam sel-sel hati
  6. Antioksidan
  7. Menurunkan kolestereol
  8. Menurunkan triglisedia atau lemak yang banyak ditemukan di dalam darah
  9. Meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui

 

KANDUNGAN JAHE & MANFAATNYA

Jahe mengandung pati, minyak atsiri, serat, sejumlah kecil protein, vitamin, mineral, dan enzim proteolitik yang disebut zingibain. jahe Merah mempunyai kandungan pati, minyak atsiri dan ekstrak yang larut dalam alkohol. Rimpang jahe juga mengandung senyawa fenolik. Beberapa komponen bioaktif dalam ekstrak jahe antara lain (6)-gingerol, (6)-shogaol, diarilheptanoid dan curcumin. Jahe juga mengandung zat aktif shogaol dan gingerol yang berfungsi untuk membangkitkan energi. Khasiat jahe di antaranya sebagai :

  1. pereda sakit kepala
  2. batuk
  3. masuk angin
  4. meredakan gangguan saluran pencernaan
  5. rematik
  6. obat antimual
  7. mabuk perjalanan
  8. kembung
  9. kolera
  10. diare,
  11. sakit tenggorokan
  12. difteria
  13. penawar racun
  14. gatal digigit serangga
  15. keseleo, bengkak, serta memar.

(Sumber: http://balittro.litbang.pertanian.go.id/)

 

KANDUNGAN KENCUR DAN MANFAATNYA

Kencur (Kaempferia galanga L.; East-Indian Galangal) adalah terna aromatik yang tergolong ke dalam famili Zingiberaceae (temu-temuan)

Kandungan senyawa itu di antaranya berupa unsur mineral 13,73 persen, zat tepung atau pati 4,14 persen, dan minyak atsiri sekitar 0,02 persen. Senyawa dalam minyak atsiri kencur bahkan ada cukup banyak, seperti asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, asam anisat, sineol, etil ester, paraeumorin, borneol, kamphene, gom, dan unsur alkaloid. Tak hanya itu, ekstrak kencur juga dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesik (pereda nyeri).

berikut ini adalah manfaat kencur untuk kesehatan:

  1. Cegah kanker
  2. Mengobati penyakit akibat bakteri
  3. Mengobati kencing batu
  4. Mengobati diare
  5. Mengobati masuk angin dan flu
  6. Melegakan tenggorokan dan mengobati batuk
  7. Mengatasi muntah-muntah
  8. Meningkatkan nafsu makan
  9. Penurun kolesterol
  10. Mengatasi infeksi jamur

 

KANDUNGAN KUNYIT DAN MANFAATNYA

Tidak banyak yang tahu bahwa bumbu dapur yang bernama kunyit atau kunir memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Sifat anti-peradangan dan anti-oksidan yang terkandung di dalamnya, sangat potensial untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Rempah-rempah yang identik dengan warna kuning ini diperkaya dengan bahan aktif utama yang disebut dengan kurkumin. Adapun manfaat dari kunyit di antaranya :

  1. Menetralkan racun dalam tubuh
    2. Minuman diet alami
    3. Memperlancar siklus haid pada wanita
    4. Mencerahkan kulit
    5. Membakar lemak dalam tubuh
    6. Memperlalmbat proses penuaan
    7. Menghilangkan bau badan

(Sumber: http://balittro.litbang.pertanian.go.id/)

About Kartono

Check Also

Wanita LDII Lamongan Beri Santunan Anak Yatim Piatu Dampak Covid-19

Lamongan (19/8/2021) – Pandemi Covid 19 menimbulkan dampak yang luar biasa dan menyasar segala bidang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *