Home / Ekonomi / Wisata dan Belanja Ikan Segar Di TPI Brondong
Kegiatan Jual Beli di TPI Brondong
Kegiatan Jual Beli di TPI Brondong

Wisata dan Belanja Ikan Segar Di TPI Brondong

Singgah yuk di TPI Brondong

TPI Brondong tempat wisata sekaligus belanja yang bisa dijadikan tujuan wisata. Dengan media pembelajaran yang baik bagi anak untuk mengenal berbagai macam ikan plus untuk orang tua yang ingin belanja ikan segar langsung tangkapan dari laut di hari itu.

TPI Brondong singkatan dari Tempat Pelelangan Ikan di Brondong. Lebih tepatnya tempat ini berada di Pelabuhan Nusantara Brondong. Terletak sekitar 6 Kilo Meter dari Lokasi Wisata Bahari Lamongan dan Tanjung Kodok. Lokasi TPI Brondong dapat dengan mudah dikunjungi dengan cara naik bis dari  Surabaya-Gresik-Panceng melalui jalan Daendeles (ruas jalan Anyer Panarukan), atau dari arah barat Tuban-Paciran. Transportasi umum seperti Bis dan angkutan desa bisa mengantarkan anda hingga ke pintu masuk TPI di Brondong. Disepanjang perjalanan anda untuk sampai ke tempat ini, anda akan disuguhi panorama pantai Brondong yang cukup indah.

Geliat hidup masyarakat di Brondong yang bermata pencarian pada sekotr perikanan memberikan dampak yang besar dalam terciptanya TPI di Brondong. Sebagai salah satu tempat pelelangan ikan terbesar di Jawa Timur, maka tidak heran jika pasar ini sangat ramai ketika bongkar muat ikan dari kapal ke tempat pelelangan.

Kegiatan di TPI Brondong

TPI Brondong merupakan tempat pendasaran ikan bagi nelayan yang berada di pesisir utara. Nelayan lokal maupun nelayan didaerah lain di Indonesia singgah ke tempat ini untuk melakukan transaksi jual hasil tangkapan. Selain itu, ada juga orang yang berkunjung ke tempat ini untuk mendapatkan pembelajaran, rekreasi dan belanja ikan ikan segar yang baru turun dari kapal. Harga ikan yang dipatok pun relatif murah.

Dengan kehadiran nelayan yang menangkap ikan dan menjual di tempat pelelangan dan masyarakat yang berkunjung di sini menjadikan tempat pelelangan ini semakin memiliki warna tersendiri. Berbagai cara berjualan semakin kreatif dilakukan oleh orang disekitar pelabuhan, mulai dari nelayan yang menjual dengan perantara tempat pelelangan (TPI) namun ada pula yan kreatif untuk berjualan yakni berburu ke agen penjualan atau makelar yang berada di luar lokasi pelelangan.

Serunya Berbelanja di TPI Brondong

Yang menarik dari Tempat Pelangan Ikan di Brondong adalah kegiatan berbelanja ikan segar maupun ikan asap sepuasnya. Namun tuntutan harus jeli didalam mengamati harga ikan yang ditawarkan harus dilakukan. Pasalnya ada beberapa pedagang yang berjualan dengan harga yang tinggi dan berbeda dari kebanyakan penjual yang ada.

Dengan melakukan pengamatan dari satu pedangan ke pedagang lain, maka harga ikan murah bisa didapatkan. kuncinya adalah terus bersabar dan jangan sampai tergoda dengan rayuan penjual yang menjual ikan.

Selamat berwisata dan berbelanja di TPI Brondong.

About Eddy Istiyan Zuhri

Anak Asli Lamongan dengan cita cita yang luhur.

Check Also

LDII Lamongan Bersama Forkopimda & Ormas Islam Sepakat Sholat Idul Fitri 1441 H Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

LDII Lamongan Bersama Forkopimda & Ormas Islam Sepakat Sholat Idul Fitri Menerapkan Protokol Kesehatan DPD LDII …

One comment

  1. Lancar barokah semua kegiatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *