Home / Sako SPN / Sako SPN Lamongan Ikuti Lokakarya Manajemen di Jatim

Sako SPN Lamongan Ikuti Lokakarya Manajemen di Jatim

Lamongan (16/6). Anggota Sako Sekawan Persada Nusantara (SPN) Lamongan, Alkhayawan Nur Huda, S.Pd. I., M.Pd. I. mengikuti Kegiatan Lokakarya Manajemen Satuan Komunitas tahun 2023. Acara ini bertempat di Hotel Aria Centra Gajahyana Malang pada hari Selasa dan Rabu 13 -14 Juni 2023. Ada dua peserta yang ikut dari Kwarcab Lamongan yakni dari Sako Maarif Babat dan Sako SPN Lamongan.

 

Sambutan teks dari Kepala Dispora Jatim yang diwakili oleh Kepala Bidang Kepramukaan, Drs. Indra Sibarani M.M menyampaikan Satuan Komando merupakan organisasi pendukung organisasi pramuka yang berbasis komunitas dan satuan pendidikan yang mempunyai profesi, aspirasi dan agama.

“Satuan Komando yang ada di jatim memiliki tujuan yang bertema Pramuka Produktif , dengan ini lokakarya Satuan Komando terbuka bagi setiap gudep yang memiliki kesamaan yang berfungsi untuk mengorganisasikan dan mewadahi Satuan Komando yang ada di Jatim yaitu Satuan Komando Sekawan Persada Nusantara, Satuan Komando Sekolah Islam Terpadu dan Satuan Komando Maarif NU Daerah”, ucap Indra Sibarani.

Satuan Komando sangat penting untuk memanajemen gugus depan yang memiliki dua fungsi yakni fungsi satuan pendidikan dan fungsi satuan organisasi. dengan komunitas yang baik dan bersinergi tentu akan menghasilkan kegiatan yang baik dan terarah dengan harapan semua Satuan Komando bisa mengamalkan Amal Bakti Satya dan mengamalkan Pancasila.

“Fungsi Satuan Komando dan organisasi untuk memperkuatkan Kwartir dan Gudep dalam rangka meningkatkan ranah Pramuka”, jelas Indra Sibarani.

Pembinaan gudep dihadapkan dengan tantangan dapat menurunkan kegiatan pada peserta didik yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis dan dikemas sesuai dengan perkembangan jaman karena hal tersebut akan menangkap daya tarik generasi muda.

Sementara itu, Ketua Sako SPN Lamongan, Drs. Suyanto mengapresiasi kegiatan Lokakarya ini, untuk lebih menumbuhkan jiwa yang kuat dan tegap sesuai dengan pengalaman amal bakti Satya dan Pancasila pada hari setiap anggota Pramuka.

“kami berharap dengan adanya Lokakarya Manajemen Sako bisa lebih memberikan kami wawasan untuk memberikan kegiatan turunan kepada anggota Sako SPN Lamongan”, ucap Suyanto.

About Eddy Istiyan Zuhri

Anak Asli Lamongan dengan cita cita yang luhur.

Check Also

Pelantikan dan Pengukuhan MABI Pengurus SAKOCAB SPN Kabupaten Lamongan

Lamongan – Menindaklanjuti UUD no.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Majelis Pembimbing (MABI) dan Pengurus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *