Home / Kesehatan / DPD LDII Lamongan Serukan PC & PAC Mematuhi Isi Maklumat Bersama Terkait Covid 19

DPD LDII Lamongan Serukan PC & PAC Mematuhi Isi Maklumat Bersama Terkait Covid 19

DPD LDII Lamongan Serukan PC & PAC Mematuhi Isi Maklumat Bersama Terkait Covid 19

DPD LDII Lamongan mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk seluruh Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) LDII Lamongan Terkait Penyebaran Covid 19, Kamis (2/4/2020) . Surat edaran (SE) bernomor SE-01/M/IV/2020 ini berbunyi “dimohon seluruh Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan anak cabang (PAC) untuk mematuhi isi maklumat, semoga wabah COVID-19 segera berlalu dan kita bisa beraktivitas seperti sedia kala”.

Hal ini menindaklanjuti Maklumat Bersama Pemkab Lamongan, Forkopimda dan Pimpinan/Pemuka Agama Kabupaten Lamongan, Rabu (1/4/2020). Adapun Isi Maklumat Sebagai Berikut:

  1. Seluruh Kegiatan ibadah keagamaan, baik di Agama Islam, Katolik, protestan dan Hindu, serta keagamaan lain yang sifatnya mengumpulkan massa dan kerumunan untuk sementara ditunda pelaksanaannya atau memanfaatkan teknologi informasi.
  2. Terhitung sejak hari Jum’at, 3 April 2020, Ibadah sholat jum’at diganti dengan sholat dhuhur di rumah masing-masing. Sedangkan peribadatan di dalam gereja agar ditiadakan dan diganti dengan memanfaatkan teknologi Informasi.
  3. Sholat Maktubah limah waktu berjama’ah baik di Masjid maupun mushola pelaksanaanya diganti dengan sholat di rumah masing-masing.
  4. Pelanggaran atas isi MAKLUMAT BERSAMA ini akan berkonsekuensi hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Maklumat ini ditandatangani bersama oleh Ketua MUI, Ketua DMI, Ketua FKUB, Ketua PCNU, Ketua PD Muhammadiyah, Ketua DPD LDII, Gereja Katolik, Gereja Protestan, Parisade Hindu Darma, Kapolres, Kajari, Ketua DPRD, Ketua PN, Ketua Pengadilan Agama,Pasi Intel Kodim 0812, Kepala Kemenag Lamongan.

Sekretaris DPD LDII Lamongan, Ir. H. Mulyono mewakili ketua DPD LDII hadir pada Rapat terbatas penyusunan Maklumat Bersama tersebut di Guest House Kabupaten Lamongan. Setelah rapat  kemudian dilanjutkan rapid test Covid 19 dan Konfrensi Pers di Pendopo Lokatranta Kabupaten Lamongan.

Dalam Kesempatan yang lain Ketua DPD LDII Lamongan, Ir. Bayu Widodo menyampaikan “sebagai warga negara yang baik warga LDII kami himbau untuk mengikuti maklumat bersama terkait Covid 19. Hal ini untuk kebaikan bersama agar wabah Virus Covid-19 ini segera berlalu dan dapat beribadah kembali seperti sedia kala”.

Sikap DPD LDII Lamongan ini juga sesuai dengan Surat Edaran DPP LDII Nomor: SUM-26/DPP LDII/III/2020 tanggal 16 Maret 2020 terkait Wabah Covid-19, Bab Kesehatan No. 3 yang berbunyi “Mendukung serta mengikuti arahan dan petunjuk Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah setempat dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19, termasuk dalam penyelenggaraan kegiatan dengan konsentrasi massa”, terang Ketua LDII Lamongan.

“Terkait masalah kesehatan Warga LDII supaya meningkatkan do’a dan Perlindungan Kepada Allah SWT agar diri kita, bangsa dan negara Indonesia dilindungi dari segala musibah serta wabah penyakit, Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan membiasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS), Mengkosumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup dan berolahraga rutin, menghindari berita Hoax, dan penyemprotan disinfektan”, lanjut Bayu Widodo.

Terkait sekolah di rumah, ngaji di rumah, maka dianjurkan kepada seluruh orangtua agar memperhatikan dan mengikuti ketentuan sebagaimana petunjuk Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama, maka Orangtua agar secara aktif mendampingi putra-putrinya selama belajar di rumah dan terus berkomunikasi secara intens dengan Guru dan ustadz/Ustadzahnya.

 

 

 

About Kartono

Check Also

LDII Lamongan Bersama Forkopimda & Ormas Islam Sepakat Sholat Idul Fitri 1441 H Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

LDII Lamongan Bersama Forkopimda & Ormas Islam Sepakat Sholat Idul Fitri Menerapkan Protokol Kesehatan DPD LDII …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *