Home / Lamongan / 13 Muballigh LDII Turi, Ikuti Pembinaan Khatib dan Takmir Masjid dari MUI

13 Muballigh LDII Turi, Ikuti Pembinaan Khatib dan Takmir Masjid dari MUI

Lamongan (03/10) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Turi mengadakan pembinaan Khatib dan Imam Masjid yang dilaksanakan di Kantor MWCNU Kecamatan Turi. Acara ini diikuti Takmir masjid dan imam sholat dari 3 organisasi Islam di Lamongan, 55 Peserta dari NU, 13 Peserta dari LDII dan 3 peserta dari Muhammadiyah.

Dalam acara tersebut juga disampaikan tilawati atau teknik baca Al-Qur’an untuk para imam sholat. Sehingga seusai acara ini diharapkan Para ta’mir masjid Memberikan pemberdayaan dan bimbingan masing-masing masjid kepada para Khotib Khotib yang lain.

Ketua Majelis Ulama’ Indonesia (MUI) Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan, KH. Ali Mustain menyampaikan dalam sambutannya bahwa penentuan imam sholat atau Khotib ada 4 kriteria yang harus dipenuhi yakni :

1. Baca’an Al-Qur’an yang terbaik

2. Paling Alim Dalam ilmu fiqihnya

3. Yang lebih dulu domisilinya

4. Usianya yang lebih tua

“Sehingga dalam penentuan imam sholat selayaknya yang baik dan tertib bacaan Al-Qur’an nya,” tegasnya.

Camat Turi Irmawa Krestanto menghimbau kepada imam masjid se Kecamatan Turi untuk selalu tetap menjaga protokol kesehatan dalam pelaksanaan segala bentuk ibadah di Masjid.

Irmawa Krestanto juga menginformasikan bahwa dalam rangka memperingati HUT TNI ke-76 tanggal 5 Oktober 2021 Pukul 05:00 akan diadakan Khotmil Qur’an dan Do’a Bersama, “Saya memohon kepada seluruh Masjid Se-Kecamatan Turi untuk mengadakan khotmil Qur’an dan doa bersama untuk bangsa dan negara. dengan harapan agar wabah covid Corona segera usai di negeri ini”.

“Dengan adanya pertemuan ini menjadikan sinergitas umara’ dan ulama’ atau sebaliknya Ulama’ dengan Umara’, dan Kami akan selalu mendukung dan mensupport” terang Irmawan Krestanto.

Acara pembinaan ini dimulai pukul 08:00 dan ditutup pada pukul 15:30 dengan susunan Acara: Ceking peserta, Pembukaan, Sambutan MUI Turi, Sambutan Camat Turi, Pembinaan Khotib dan bedah buku “membumikan khutbah”, Isoma, Tilawah dan Penutup.

 

.

 

About LDII Lamongan

Check Also

DPD LDII Lamongan Tingkatkan Kapasitas SDM Generasi Muda melalui Pelatihan Jurnalistik

Lamongan – LDII Lamongan menggelar pelatihan jurnalistik di Aula Al-Karim Sugio, Minggu (03/10). Kegiatan ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *