Home / Lamongan / H. Agus Yudi: Publikasi Sangat Penting untuk Menyampaikan Informasi Suatu Peristiwa

H. Agus Yudi: Publikasi Sangat Penting untuk Menyampaikan Informasi Suatu Peristiwa

Lamongan – Bagian KIM DPD LDII Lamongan mengadakan pelatihan jurnalistik pada Minggu (3/10), bertempat di Aula Al-Karim, Sugio, Lamongan. Acara yang diperuntukkan bagi generasi milenial ini dibuka langsung oleh Ketua DPD LDII Kabupaten Lamongan, H. Agus Yudi.

             Peserta Jurnalistik Praktik menulis berita

“Lebih baik satu tulisan yang layak dipublikasikan daripada seribu tulisan yang kamu simpan tapi tidak kamu publikasikan,” ujar H. Agus, panggilan akrab ketua LDII Lamongan yang baru setahun ini menjabat.

Agus menerangkan dalam sambutannya “publikasi sangatlah penting untuk menyampaikan suatu informasi dalam suatu peristiwa”.

“Sebesar apapun peristiwa tidak akan besar jika tidak dipublikasikan menjadi suatu berita, sebaliknya sekecil apapun peristiwa akan menjadi besar Ketika dipublikasikan,” Lanjut Agus.

             Diskusi peserta sebelum melakukan wawancara

Salah satu pemateri dalam acara tersebut adalah Ludhy Cahyana. Ketua Departemen KIM DPP LDII. Ia menyebutkan bahwa pengguna internet mencapai 143 juta dari 262 juta penduduk Indonesia yang dikutip dari APJII 2017. “Namun dalam praktiknya kebanyakan masyarakat lebih mempercayai media sosial dibandingkan dengan media massa,” jelas Ludhy. Hal tersebut dikarenakan media sosial sekarang sudah membawa banyak informasi berita dan juga biaya iklan dimedia sosial lebih murah daripada dimedia massa.

Kini banyak berita yang kurang layak dipublikasikan hal itu dikarenakan tidak adanya aspek-aspek kelayakan nilai berita. “Layaknya suatu berita itu dinilai dari keterkenalan tokoh, besar atau jumlah orang yang terlibat peristiwa, proximity geografis, proximity psikologis, unik, konflik, uang, kebijakan dan keamanan,” jelas Ludhy.

Acara pelatihan tersebut dilakukan dengan konsep teori dan praktik. Setelah sesi materi, peserta diminta untuk praktik secara langsung mulai dari menyusun pertanyaan, melakukan wawancara, hingga menulis hasil wawancara dalam bentuk berita. Tak lupa sebelum melakukan wawancara peserta melakukan riset terlebih dahulu.

“Wartawan yang baik adalah wartawan yang selalu melakukan riset sebelum melakukan liputan” tambah Ludhy.

Koordinator Bidang KIM Derry Bagus Achmadin menjelaskan, LDII Lamongan mengadakan pelatihan jurnalistik ini untuk membantu mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang ada didalam LDII. “Acara ini bertujuan agar peserta dapat menjadi kontributor berita dari setiap PC dan PAC LDII di wilayah masing-masing. Alumni peserta diajak bergabung dalam Pokja KIM salah satu bagian dari DPD LDII  Lamongan,” kata Derry,.

Setelah dibuka pendaftaran, ternyata banyak yang minat untuk mengikuti acara pelatihan jurnalistik ini. Jumlah peserta membludak melebihi ekspetasi yang diharapkan oleh panitia penyelenggara.  “Sebenarnya untuk jumlah peserta yang ditargetkan sekitar 30-40 orang, tapi kalau dilihat dari data yang masuk itu melebihi ekspetasi kita,” kata Derry selaku panitia.

Melalui acara tersebut peserta berharap bahwa Harapannya acara ini bisa berkelanjutan dan pelatihan jurnalistik seperti ini tidak hanya diadakan di LDII Lamongan, tapi juga diadakan ditempat lainnya. Hal tersebut disampaikan oleh Vira  salah satu peserta yang antusias mengikuti acara pelatihan jurnalistik tersebut.

“Ada beberapa motivasi saya untuk mengikuti acara ini, selain untuk mengingat kembali materi dasar jurnalistik dan hukum media massa yang pernah saya dapat diperkuliahan, tapi juga ilmu baru terkait praktik jurnalistik di lapangan yang tidak pernah saya dapatkan sebelumnya” kata Vira.

About LDII Lamongan

Check Also

DPD LDII Lamongan Tingkatkan Kapasitas SDM Generasi Muda melalui Pelatihan Jurnalistik

Lamongan – LDII Lamongan menggelar pelatihan jurnalistik di Aula Al-Karim Sugio, Minggu (03/10). Kegiatan ini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *