Home / Lamongan / Pelantikan dan Pengukuhan MABI Pengurus SAKOCAB SPN Kabupaten Lamongan

Pelantikan dan Pengukuhan MABI Pengurus SAKOCAB SPN Kabupaten Lamongan

Lamongan – Menindaklanjuti UUD no.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Majelis Pembimbing (MABI) dan Pengurus Satuan Komunitas Pramuka Cabang (SAKOCAB) Sekawan Persada Nusantara (SPN) Kabupaten Lamongan resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Kwarcab Lamongan, Drs. H. Mohammad Nalikan, MM  pada Jumát (4/11/2022).

Pelantikan dan pengukuhan pengurus Sakocab SPN Lamongan ini diikuti 150 orang Mabi, Pengurus Sakocab SPN, Gudep dan Tamu undangan. Kegiatan Sako SPN yang pertama kali ini diadakan di Aula Al Karim Kecamatan Sugio.

Satuan Komunitas Pramuka (SAKO) adalah satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan, yang berbasis  profesi, aspirasi, dan agama. Saat pelantikan dan pengukuhan, H. Agus Yudi,  ketua DPD LDII yang sekaligus ketua Mabi dalam sambutannya menyampaikan “Sako SPN Lamongan adalah wadah pembinaan pramuka berbasis masjid atau majlis ta’lim dan juga pondok pesantren dilingkungan LDII, tujuannya untuk menumbuhkan karakter generasi penerus yang diwujudkan melalui kegiatan kebangsaan sesuai dengan Dasa Dharma dan Tri Satya. Sakocab SPN Kabupaten Lamongan berada dibawah bagian Pemuda Kepanduan Olahraga dan Seni Budaya DPD LDII Kabupaten Lamongan”.

“Pembentukan karakter ini dimulai dari paud, TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi bahkan memiliki kurikulum tersendiri untuk bisa mewujudkan karakter tersebut, tujuan akhirnya nanti bisa membentuk  generasi pemuda generasi penerus yang professional religious, karena dengan terbentuknya generasi yang professional religious pemuda LDII akan berguna bagi bangsa, bagi masyarakat, agama dan negara untuk kemaslahatan umat,” Lanjut H. Agus Yudi.

Setelah dilantik dan dikukuhkan, Ketua Sakocab SPN Suyanto, S.Pd langsung gerak cepat melaksanakan kegiatan. “Pengurus Sakocab SPN dalam waktu dekat ini akan melaksanakan program kerja, yaitu koordinasi dengan gugus depan dan Pembina gugus depan untuk memberi pembekalan didalam membina pramuka digugus depannya masing-masing,”.

“tidak hanya koordinasi, Pengurus Sako SPN juga akan kerjasama dengan kwarcab untuk  mengajukan penomoran gugus depan disatuan komunitas SPN Kabupaten Lamongan,” tambahnya.

Selain itu, Suyanto juga menyampaikan program-program Sako untuk 5 tahun kedepan nanti “program kita selama 5 tahun kedepan : 1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  dari para Pembina di Sako yang ada di gugus depan, 2. Kerjasama dengan kwarcab dimulai dari KMD (Khursus Mahir Dasar) lalu dilanjut  dengan KML (Khursus Mahir Lanjutan) sehingga Pembina-pembina yang ada gugus depan meningkat SDM nya sesuai dengan harapan kita sehingga siap untuk mendukung program-program kwarcab yang ada diLamongan” Jelas Suyanto

Diakhir sambutannya, H. Agus Yudi  berharap SAKO kwarcab se-Kabupaten Lamongan bisa berkiprah untuk bisa mengisi pembangunan Lamongan ke masa depan yang lebih gemilang. (Indah/Lines)

About Eddy Istiyan Zuhri

Anak Asli Lamongan dengan cita cita yang luhur.

Check Also

Rukun & Kompak, Masyarakat Desa KendalKemlagi Bantu Pengecoran Masjid LDII

Karanggeneng (14/1) – Masyarakat Desa KendalKemlagi Kecamatan Karanggeneng Kompak bersama-sama membantu pengecoran masjid LDII Muhlishinalahuddin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *