Home / Lamongan / Tim Rukyat LDII Lamongan Ikuti Pengamatan Hilal 1 Ramadhan 1444 H

Tim Rukyat LDII Lamongan Ikuti Pengamatan Hilal 1 Ramadhan 1444 H

Lamongan (22/3). Tim rukyat Hilal DPD LDII Lamongan ikuti kegiatan Rukyatul Hilal bersama Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Lamongan dalam rangka penentuan tanggal 1 Ramadhan 1444 H.

Kegiatan ini dilaksanakan di Markaz Tanjung Kodok dan diikuti oleh Bupati Lamongan, pengurus Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, DPD LDII Lamongan, perwakilan pesantren dan perguruan tinggi, serta sejumlah OPD dan Pengadilan Agama. Turut hadir juga Rombongan tim Rukyat dari DPW LDII Jatim dan Tim Rukyat dari Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri.

Wakil Ketua Tim Badan Hisab Rukyat Lamongan, H. Khoirul Anam menyampaikan hilal sudah berada di atas ufuq dan sudah memenuhi syarat. Ia juga menyebut, hilal berada di ketinggian sekitar 6 derajat.

Anam juga menjelaskan, kondisi hilal tersebut terbilang cukup tinggi dan hilal agak melengkung miring ke utara. Ada sekitar 5 orang saksi yang sudah melihat hilal. Sehingga awal Ramadan tahun ini bisa dikatakan jatuh pada Kamis besok

Adapun 5 orang saksi itu di antaranya Suudul Azka, Yunani, Banjir Sidomulyo asal Lamongan, serta Asroful Ibad asal Pasuruan dan Agus asal Wali Barokah Kediri.

“Saat ini juga langsung digelar sidang itsbat atau syahadah rukyatul hilal oleh Pengadilan Agama. Kemudian hasil rukyatul hilal ini dilaporkan ke Kemenag Pusat,” paparnya.

Anam juga mengapresiasi Tim Rukyat dari DPD LDII Lamongan yang secara aktif mengikuti kegiatan sore ini. “Kami mengapresiasi Tim Rukyat DPD LDII Lamongan, semoga kedepannya bisa memberikan kontribusi dalam kegiatan Rukyatul Hilal”

Atas hasil itu, Ketua DPD LDII Lamongan, KH Agus Yudi menyampaikan rasa syukur dan mengucapkan selamat kepada umat islam untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H. “Alhamdulillah kita bisa bertemu dengan Ramadhan tahun ini dan Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1444 bagi seluruh umat Islam, semoga kita bisa menjumpai puasa ditahun berikutnya, ” ujar Agus.

Sementata itu, Ketua DPW LDII Jatim, KH Amrodji Konawi mengapresiasi kinerja Tim Rukyatul Hilal DPD LDII Lamongan yang mulai ikut kegiatan pengamatan Hilal tahun ini. “Kami berharap agar Tim Rukyatul Hilal bisa terus berkontribusi dalam pengamatan Hilal, baik dalam penentuan awal puasa maupun bulan syawal, ” harap Amrodji.

About Eddy Istiyan Zuhri

Anak Asli Lamongan dengan cita cita yang luhur.

Check Also

Hilal Tidak Terlihat, Ini Penjelasan dari LDII Lamongan

Lamongan (11/3). Tim Rukyatul Hilal dari DPD LDII Lamongan melakukan pengamatan Hilal di Markaz Tanjung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *