Home / Seputar Jatim / Upacara Sumpah Pemuda ke-95, Bupati Lamongan Ajak Kawula Muda Tingkatkan Kerberdayaan Masyarakat

Upacara Sumpah Pemuda ke-95, Bupati Lamongan Ajak Kawula Muda Tingkatkan Kerberdayaan Masyarakat

Lamongan (28/10) – Sebagai wujud penghargaan dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan bangsa, Pemuda LDII Lamongan turut berpartisipasi dalam peringatan Sumpah Pemuda ke-95 yang digelar di Alun-alun Lamongan. Perayaan Sumpah Pemuda tahun 2023 ini mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia,” mencerminkan semangat persatuan dan perjuangan para pemuda dalam memajukan negeri tercinta.

 

Upacara peringatan Sumpah Pemuda ke-95 di Alun-alun Lamongan pada Sabtu (28/10/2023) ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda di Kabupaten Lamongan, termasuk H. Derry Bagus Akhmaddin, sekretaris Pemuda LDII Lamongan, serta Eddy Istiyan Zuhri, Bendahara Pemuda LDII Lamongan. Kehadiran mereka dalam upacara tersebut merupakan bukti keterlibatan aktif Pemuda LDII Lamongan dalam merayakan dan memperingati momen bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak kawula muda untuk bersama-sama memberikan pelayanan, implementasi pembangunan, dan meningkatkan keberdayaan masyarakat. Hal ini tertuang dalam misi kedua RPJMD 2021-2026 yakni mewujudkan sumber daya yang unggul berdaya saing, dan berakhlak responsif terhadap perubahan zaman.

“Pemerintah Kabupaten Lamongan telah berkomitmen untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas, agar tumbuh menjadi SDM unggul dan dapat diandalkan dalam pembangunan Lamongan kedepan,” tutur Pak Yes, panggilan akrab Bupati Lamongan.

Komitmen pembangunan pemuda di Kabupaten Lamongan dapat dilihat dari capaian indeks pembangunan pemuda tahun 2022 mencapai 59,17. Dimana angka tersebut diukur dari 5 domain dasar meliputi pendidikan, kesehatan, kesejahteraan lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi.

“Alhamdulillah capaian indeks pembangunan pemuda di Kabupaten Lamongan tahun 2022 capai 59,17, atau lebih tinggi dari rata-rata Provinsi Jawa Timur dan Nasional,” ungkap Pak Yes.

Guna mempertahankan pembangunan pemuda, Pemkab Lamongan juga terus mengimplementasikan program prioritas “Pemuda dan Olahraga” melalui inovasi Perintis (pendidikan terintergrasi dan gratis), Young Entrepreneur Succes, dan UMKM.

Mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”, Pak Yes meminta kepada pemuda Lamongan agar menjadi katalisator pemilu damai 2024. Disini pemuda harus mampu memberikan literasi politik yang cerdas bagi masyarakat sehingga mewujudkan kondusifitas.

Derry Bagus Akhmaddin, Sekretaris Pemuda LDII menekankan pentingnya semangat persatuan dan keberagaman sebagai kunci memajukan Indonesia. Ia mengatakan, “Kami, Pemuda LDII Lamongan, sangat bersemangat untuk bersama-sama merayakan Sumpah Pemuda yang menjadi tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia. Bersatu dalam perbedaan adalah kunci keberhasilan kita dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.”

Eddy Istiyan Zuhri menambahkan, “Kami merasa bangga dapat ikut serta dalam peringatan Sumpah Pemuda ke-95 ini. Semangat para pemuda pada tahun 1928 adalah inspirasi bagi generasi muda sekarang. Kami berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam upaya memajukan Indonesia, melalui berbagai kegiatan sosial, pendidikan, dan budaya.”

Dengan semangat kebersamaan dan tekad yang kuat, Pemuda LDII Lamongan dan seluruh peserta upacara Sumpah Pemuda ke-95 berharap bahwa Indonesia akan terus berkembang dan menjadi negara yang lebih baik, di mana persatuan, keberagaman, dan semangat gotong royong senantiasa menjadi pilar utama dalam mencapai kemajuan, sebagaimana tema sumpah pemuda 2023 “Bersama Majukan Indonesia”.

About LDII Lamongan

Check Also

Kemarau Berkepanjangan, DPD LDII Lamongan Adakan Sholat Istisqo untuk Memohon Hujan

Lamongan (28/10) – Memasuki akhir bulan Oktober, di Kabupaten Lamongan beum diguyur hujan. Kemarau yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *