Home / Dakwah / Pondok Pesantren Wali Songo Lamongan : Tempat Belajar Ilmu Agama dan Ketrampilan Menjahit

Pondok Pesantren Wali Songo Lamongan : Tempat Belajar Ilmu Agama dan Ketrampilan Menjahit

Tidak berbeda dengan pondok pesantren pada umumnya, Pondok Pesantren Wali Songo Lamongan juga merupakan tempat untuk belajar ilmu agama. Namun di sisi lain, pondok pesantren ini juga mengajarkan beberapa keterampilan kepada para santri salah satunya adalah keterampilan menjahit.

Kegiatan menjahit menjadi salah satu kegiatan yang sangat disenangi oleh para santri. Mereka bisa belajar membuat pola dan menjahit yang bagus. Intruktur biasanya memberikan beberapa lembar Koran sebagai media untuk belajar menjahit menggunakan mesin jahit. Keterampilan menjahit hanya diberikan pada santri wati sementara untuk santriwan bisa mengikuti keterampilan yang lain seperti pencak silat dan sepak bola.

Sebagian santri yang mondok di pondok pesantren wali songo lamongan merupakan pelajar dari berbagai tingkat pendidikan; ada yang masih jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk kegiatan pesantren sendiri, biasanya para siswa yang juga santri ini bisa mengikuti kegiatan belajar di siang dan malam hari. Sedangkan untuk yang asli santri kegiatan belajar mengajar di pondok bisa di mulai sejak pagi mulai dari jam  8 pagi.

Pondok pesantren wali songo lamongan merupakan pondok pesantren berada di bawah naungan yayasan wali songo. Menurut salah satu pendirinya, H.Nurhadi, SH, pondok pesantren wali songo lamongan didirikan dengan tujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat khususnya masyarakat lamongan.

Semua kegiatan di pondok pesantren lamongan dilakukan secara mandiri. Menurut Purwadi, SH, sumber pendanaan pondok pesantren wali songo lamongan berasal dari iuran anggota dan juga dari kerjasama dengan beberapa pihak.

Pemberian bekal keterampilan sangat bermanfaat bagi para santri. Sebab, selepas mondok para santri tersebut akan terjun ke masyarakat memberikan dakwah secara mandiri. Dengan bekal keterampilan menjahit para santri tersebut juga bisa mengajarkan ilmu menjahit dan juga bisa berdirikari membuka jasa menjahit.

About Yayik Dukhan

Check Also

Dikunjungi LDII, Wabup Sumenep Ajak Tingkatkan Kerjasama dan Partisipasi

Dalam mengelola pemerintahan daerah, seperti di Pemkab.Sumenep diperlukan kerja sama yang baik antar semua komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *