Home / Lamongan / Hidroponik, Peluang Usaha yang Menjanjikan Bagi Generasi Muda

Hidroponik, Peluang Usaha yang Menjanjikan Bagi Generasi Muda

Lamongan (20/10) ­ LDII Lamongan mengadakan pelatihan hidroponik dalam upaya mewujudkan generasi penerus yang mandiri dan memiliki keterampilan serta memiliki jiwa entrepreneur. Acara berlangsung di Istana Patin, Glagah, Lamongan. Acara ini diikuti  53 peserta dari perwakilan  setiap PC/PAC LDII.

Pelatihan hidroponik ini dibuka oleh salah satu Wanhat DPD LDII Lamongan, KH. Nuraji sekaligus memberikan nasehat agama. Acara dilanjutkan pelatihan hidroponik secara teori dan praktek dan ditutup oleh pengurus FKUB Lamongan, Sudaryono.

Prima, ketua pelaksana pelatihan menyampaikan “Pelatihan  hidroponik dipilih sebagai salah satu implementasi pemanfaatan lahan sempit sebagai pertanian perkotaan dan sebagai upaya mewujudkan peluang usaha baru bagi generasi muda”.

Prima menambahkan, “pada dasarnya mata pencaharian penduduk Lamongan adalah petani dan petambak, maka sudah tidak asing lagi dengan dunia pertanian, hanya saja kita membekali generasi muda dengan cara bertanam sayuran lebih modern dengan system hidroponik,” tambahnya.

“Pelatihan hidroponik yang dilaksanakan pada hari ini, Rabu (20/10)  akan ditindaklanjuti dengan praktek oleh peserta dan akan di monitoring selama 35 hari kedepan sampai bisa menghasilkan. Peserta akan dibekali dengan stater kit berupa Bak, benih, media dan nutrisi. Semua peserta akan melaporkan perkembangan tanamannya melalui group Whatsap dan bagi peserta yang berhasil panen dengan hasil yang terbaik akan diberikan hadiah khusus,” lanjut Prima.

Sementara itu Kartono sebagai narasumber, dalam materinya mengatakan “dalam usaha hidroponik tidak harus mahal, kita bisa menggunakan botol bekas sebagai tempat menanam sayuran hidroponik ini. Ada dua manfaat yang bisa kita dapat, yaitu Kita bisa menyediakan sayuran segar bernutrisi dan bisa membantu mengurangi permasalahan lingkungan. Karena di Lamongan juga terkenal dengan daerah yang kekurangan air, maka hidroponik bisa menjadi solusi, karena system ini bisa mengurangi penggunaan air sampai 90%”.

“Karena biaya yang dibutuhkan juga sedikit hidroponik cocok menjadi peluang usaha bagi generasi muda yang hanya memiliki sedikit modal dan hasil hidroponik bisa dijual  secara online, salah satunya dengan memanfaatkan salah satu media sosial youtube. Bukan hanya untuk branding diri sendiri, namun juga bisa digunakan untuk review produk hidroponik,”ujar Kartono.

“Menurut Johan, salah satu peserta pelatihan dari PC LDII Lamongan, keikutsertaannya dalam pelatihan ini bisa mendapatkan  ilmu dasar tentang hidroponik dan berpeluang membuka ide usaha baru. “Dari acara ini supaya para generasi muda bisa terbuka wawasanya, ternyata hidroponik bisa jadi peluang usaha”.

“Pasca pelatihan, seluruh peserta diharapkan bisa mengembangkan ilmunya dan bisa mempraktikkan hidroponik di tiap PC/PAC tempat mereka berasal, tentunya disesuaikan dengan kondisi yang ada didaerah tersebut,” ujar Johan.

About LDII Lamongan

Check Also

Buka MUSDA IX LDII Lamongan, Ini Pesan Bupati Yes!

Lamongan- Dengan memukul gong, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi membuka acara Musyawaroh Daerah Lembaga Dakwah Islam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *