Home / Lamongan / Terima Hibah Sapi Qurban dari Bupati, LDII Lamongan Siap Berbagi Dengan Masyarakat

Terima Hibah Sapi Qurban dari Bupati, LDII Lamongan Siap Berbagi Dengan Masyarakat

Lamongan- DPD LDII Kabupaten Lamongan mendapatkan bantuan hibah sapi qurban dari Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Sapi qurban ini diserahkan bagian Kesra Pemda Lamongan dan diterima oleh takmir Masjid Adnan Al Amin Lamongan, Selasa (27/6/2023).

Sebagai wujud kesalehan individu, juga kesalehan sosial, ibadah qurban selalu dinanti setiap tahunnya. Bantuan sapi qurban dari Bupati Yes ini akan dipotong hari Kamis bersama dengan beberapa hewan qurban dari warga LDII. Pada hari itu juga akan disalurkan kepada masyarakat sekitar dan yang membutuhkan.

Ketua DPD LDII Lamongan, Drs. H. Agus Yudi, M.Pd sejak sebelum pelaksanaan qurban mengajak warga LDII untuk bisa menerapkan pemotongan hewan qurban sesuai dengan peraturan pemerintah. Hal ini menindaklanjuti hasil sosialisasi pemotongan hewan qurban di gedung airlangga lantai 3 gedung pemkab Lamongan, kamis (22/6). Sosialisasi ini bertujuan untuk menyediakan produk hewan yang aman, sehat, dan utuh (ASUH) bagi masyarakat.

H. Agus Yudi mengintruksikan warga LDII Lamongan untuk daftar tempat pemotongan hewan qurban secara online. Hal ini sebagai syarat pemotongan hewan kurban dalam situasi wabah Penyakit Mulut Kuku (PMK) sesuai dengan Surat Edaran Bupati Lamongan Nomor: 524/506/413.114/2022 Tanggal 8 Juni 2022 Tentang Pelaksanaan Kurban Dalam Situasi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (Foot and Mouth Disease) dan Surat Edaran Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan Nomor: 524/679/413.114/2023 Tanggal 12 Juni 2023 Tentang Pelaksanaan Kurban 14444 H / 2023 Di Kabupaten lamongan.

H. Agus Yudi juga menginformasikan, “Alhamdulillah dengan semangat berqurban warga LDII untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, hewan qurban warga LDII Lamongan dari tahun ke tahun mengalami tren peningkatan. Tahun 2023 ini warga LDII Lamongan bisa mewujudkan 695 hewan qurban.  Qurban sapi sebanyak 285 ekor meningkat 13 ekor atau 4,8% dari tahun sebelumnya 272 ekor. Sedangkan untuk qurban kambing sebanyak 410 ekor, meningkat 15% juga meningkat dari tahun 2022 (357 ekor)”.

“Apabila 1 ekor sapi seharga 25 juta, dan 1 ekor kambing seharga 3 juta, maka nilai qurban warga LDII Lamongan tahun 2023 ini ditaksir senilai 8,355 Milyar,” tambah Agus.

Hal ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat Lamongan. Buktinya, saat qurban peternak bisa menjual sapi atau kambingnya dengan harga lebih tinggi. Hasilnya, daya beli masyarakat meningkat, kebutuhan anak sekolah terpenuhi, gizi terpenuhi dan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

Menurut Agus Yudi, selain wujud meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, qurban meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat, juga membantu program pemerintah.  “Alhamdulillah dengan berqurban bisa berbagi dengan masyarakat. Pembagian daging qurban dari LDII ini selalu dinanti oleh masyarakat setiap tahunnya,” Katanya.

“Dengan qurban, kita bisa membantu program pemerintah mengatasi Stunting, karena bisa menjadi tambahan gizi bagi generasi Indonesia. Program pencegahan stunting saat ini digalakkan oleh pemerintah, maka LDII bisa berkontribusi, salah satunya ya melalui qurban ini,” pungkasnya. Lines_lamongan).

About LDII Lamongan

Check Also

Gus Falah Bantu LDII Lamongan 1 unit Mobil ambulance

Lamongan (14/1) – Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, H Nasyirul Falah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *